Belanda Diimbangi Norwegia, Louis Van Gaal Geram

Euro Competition.com – Pelatih anyar timnas Belanda, Louis van Gaal sebut Oranje sekarang bukan tim terbaik di dunia. Ia pun meminta agar di laga selanjutnya dapat bermain lebih kreatif.

Pernyataan yang dilontarkan eks pelatih Manchester United sangat wajar. Sebab, Memphis Depay dan kolega hanya mampu bermain imbang 1-1 melawan timnas sepak bola Norwegia di lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 grup G pada hari Kamis (2/9) dini hari WIB.

Bermain di Ullevaal Stadium, timnas sepak bola Belanda tertinggal lebih dulu lewat Erling Haaland. Mesin gol Borussia Dortmund menjebol gawang Justin Bijlow di menit ke 20. Namun, di menit ke 36 Davy Klaassen berhasil menyamakan kedudukan. Sementara Oranje berhasil melepaskan 17 tembakan. 6 di antaranya tepat sasaran dan unggul penguasaan bola 64 banding 34 persen. Tapi, hanya bisa cetak satu gol.

Dengan hasil ini, tim asuhan Louis van Gaal menempati urutan kedua klasemen grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan mengoleksi 7 poin dan kini terpaut satu angka dengan Turki usai bermain imbang 2-2 kontra Montenegro.

BACA JUGA:

Usai pertandingan, Van Gaal yang pernah menangani raksasa Liga Inggris dari 2014 sampai 2016 tak puas dengan penampilan timnas sepak bola Belanda. Ia menuntut anak asuhnya di laga selanjutnya harus bermain lebih kreatif.

Berbicara kepada NOS, Van Gaal mengatakan pasti banyak orang banyak berpikir bahwa Oranje adalah tim terbaik di dunia. Namun, ia menilai sekarang ini tidak. Menurutnya, Norwegia bermain bagus sebagai sebuah tim.

Sang pelatih menilai timnas Belanda terlalu ceroboh di mana mudah kehilangan bola dalam situasi yang semestinya tak perlu dilakukan. Menurutnya, hal tersebut terjadi karena Norwegia bermain bertahan dengan kompak. Oleh sebab itu, menjadi tak mudah. Ia menilai pemainnya tak bermain kreatif dan tak tegas ketika menguasai bola.

Louis van Gaal bahkan menyebutkan Norwegia berman fantastis. Ia juga sesalkan para pemainnya di babak pertama tak menunjukkan keberanian saat bermain. Oleh sebab itu, ia mau di laga selanjutnya timnya bermain lebih baik lagi.

Selanjutnya, timnas sepak bola Belanda akan melawan Montenegro di laga kelima kualifikasi Piala Dunia 2022 pada hari Minggu (5/9) dini hari WIB.

Internasional