Hasil Jepang vs Spanyol, Tuan Rumah Akhirnya Tumbang di Babak Tambahan Waktu, La Roja Tantang Brasil di Final!

Euro Competition.com – Hasil Jepang vs Spanyol di semi-final kedua cabang sepak bola Olimpiade Tokyo, Selasa (3/8) malam, ditutup dengan skor 0-1 dan La Roja akan bertemu Brasil di final.

Laga dua kali 45 menit antara kedua tim harus ditutup dengan skor kacamata, meskipun kedua tim sama-sama berusaha tampil menekan sejak awal laga. Kedua tim juga punya lini pertahanan yang patut diacungi jempol yang berhasil membuat mereka bertahan tanpa gol di laga normal.

Pertandingan pun akhirnya dilanjutkan dengan babak perpanjangan waktu, di mana Marco Asensio yang baru dimasukkan di akhir babak kedua akhirnya berhasil membawa Spanyol memimpin 0-1 lewat gol indahnya di menit 115.

Gol semata wayang itu cukup untuk membawa skuad asuhan Luis de la Fuente melaju ke final, dan akan menantang Brasil yang sebelumnya menang atas Meksiko lewat drama adu penalti di semi-final pertama.

BACA JUGA:

Jalannya Pertandingan

Spanyol berusaha tampil menekan sejak kickoff, bahkan Mikel Merino punya peluang bagus untuk mencetak gol di menit ke-6. Sayangnya, sundulan kepalanya melambung di atas gawang Kosei Tani.

Enam menit kemudian giliran Rafa Mir yang berusaha membangun serangan ke area terlarang Jepang. Sayang umpan silangnya sia-sia dan bola keluar lapangan.

Tiga menit kemudian bintang Wolves ini kembali lakukan upaya serupa saat ia berhasil amankan umpan silang di area penalti lawan. Namun aksinya digagalkan Tani.

Spanyol yang unggul dalam penguasaan bola (42:58) atas Jepang, terus menekan para tuan rumah di babak pertama ini pemain. Mereka selalu gagal membongkar pertahanan Spanyol, meskipun berhasil menahan laju para pemain depan La Roja.

Hingga akhirnya upaya ambisius Mikel Oyarzabal di menit ke-31 kembali membahayakan gawang tim Samurai Biru. Berada di posisi yang pas untuk mencetak gol di depan gawang Jepang, Oyarzabal harusnya bisa membawa Spanyol memimpin. Namun tembakannya hanya melambung di atas mistar gawang Jepang. GAGAL!!

Bintang tim tuan rumah, Takefusa Kubo, mencoba sarangkan tendangan bebasnya ke gawang Unai Simon di menit 37. Sayangnya tembakan Kubo berhasil digagalkan bek lawan.

Di babak kedua, pelatih Luis de la Fuente putuskan untuk lakukan pergantian pemain di babak kedua, di mana pelatih itu menarik keluar Oscar Gil dan menggantikannya dengan Jesus Vallejo.

Saat babak kedua baru berjalan satu menit, Jepang langsung lakukan usaha menyerangan saat Ritsu Doan sodorkan umpan cantik kepada rekan-rekannya yang berkerumun di area terlarang Spanyol. Sayangnya, bola berhasil diselamatkan Simon.

Pemain Jepang, Maya Yoshida, lakukan pelanggaran di kotak penalti pada menit 56 saat ia berusaha menahan laju Mikel Merino. Namun, setelah berkonsultasi dengan VAR, wasit Kevin Ortega memutuskan tak ada hadiah penalti untuk Spanyol.

Spanyol mendapat peluang tendangan bebas di menit 62, tapi peluang itu berhasil digagalkan tim Jepang.

Kubo harusnya bisa membawa Jepang memimpin di menit 79, saat ia berusaha lancarkan serangannya ke gawang Simon. Sayangnya tembakan wonderkid Real Madrid itu sangat lemah, hingga berhasil diamankan kiper Spanyol dengan mudah.

Saat laga tersisa dua menit lagi, Rafa Mir juga tak berhasil menyarangkan peluang yang didapatkan di dalam kotak penalti. Beberapa kali peluang Spanyol berhasil digagalkan kiper Jepang, Kosei Tani, dan membuat lawan frustrasi hingga pluit panjang berbunyi.

Laga kemudian dilanjutkan dengan babak perpanjangan waktu. Di babak ini, Jepang berusaha lakukan serangan lebih dulu saat Daizen Maeda sodorkan umpan silang ke area penalti lawan. Namun bola berhasil dihalau tim Spanyol.

Maeda kembali berusaha membawa Jepang memimpin di menit 102 saat ia berusaha memanfaatkan umpan silang di kotak penalti dengan sundulan kepalanya. Namun, Jepang kembali gagal memanfaatkan peluang emas ini, karena bola melambung di atas gawang Spanyol.

GGOL!!! Marco Asensio berhasil memanfaatkan umpan Mikel Oyarzabal dengan tendangan kaki kiri indahnya, dan membawa Spanyol akhirnya memimpin 0-1 di menit 115 babak perpanjangan waktu.

Kebobolan di sisa waktu babak ini tak menyurutkan ambisi Jepang untuk menyamakan kedudukan. Namun, semangat Spanyol seakan tambah berkobar setelah mereka berhasil menjebol gawang Kosei Tani. Beberapa kali para pemain La Roja kembali mengancam gawang Jepang, namun cukup satu gol Asensio yang membuat Spanyol berhasil melaju ke final!!

Susunan Pemain

Timnas Jepang U-23 (4-2-3-1): Kosei Tani; Hiroki Sakai, Maya Yoshida, Kou Itakura, Yuta Nakayama; Wataru Endo, Ao Tanaka; Ritsu Doan, Takefusa Kubo, Reo Hatate; Daichi Hayashi.

Timnas Spanyol U-23 (4-1-2-3): Unai Simon; Marc Cucurella, Pau Torres, Eric Garcia, Oscar Gil Regano; Martin Zubimendi; Pedri, Mikel Moreno; Dani Olmo, Rafa Mir, Mikel Oyarzabal.

Internasional