Ini Pertama Dalam Sejarah, Spanyol Gagal Lolos ke Final Saat Berada di Semifinal

Euro Competition. com – Spanyol memiliki sejarah luar biasa ketika mereka sudah mencapai babak empat besar, dengan mereka tak terhentikan jika sudah mencapai babak ini dan empat di antaranya berakhir dengan kemenangan trofi di turnamen besar mereka.

Kekalahan di semifinal Euro 2020 dari Italia kini membuat Spanyol gagal maju dari babak semifinal turnamen besar (Piala Dunia dan Euro) untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka, setelah sebelumnya mencapai final di masing-masing dari lima penampilan semifinal sebelumnya.

Lima penampilan semifinal itu, empat di antaranya berakhir dengan trofi yaitu tiga di Kejuaraan Eropa dan satu di Piala Dunia. Di Euro, mereka menang tahun 1964 vs Uni Soviet, tahun 2008 vs Jerman, dan tahun 2012 vs Italia. Sedangkan di Piala Dunia, mereka menang pada 2010 vs Belanda. Satu-satunya kekalahan mereka di final adalah di Euro 1984, kalah 2-0 dari Prancis.

Baca Juga:

Sebelum kekalahan melawan Italia di semifinal Euro 2020 ini, Spanyol telah memenangkan empat dari lima adu penalti mereka di Kejuaraan Eropa, sementara Italia justru kalah di tiga dari lima adu penalti mereka di kompetisi, termasuk satu melawan Spanyol di babak perempat final pada 2008 (2-4).

Sementara itu, Alvaro Morata datang dari bangku cadangan untuk menjadi pahlawan sebelum menjadi pecundang di babak adu penalti. Padahal gol penyama kedudukannya menit ke-80 membuat penyerang Juventus itu mencetak lebih banyak gol di Kejuaraan Eropa (6 gol) daripada pemain Spanyol lainnya, menyalip lima gol Fernando Torres.

Sayang di babak adu penalti, tendangannya yang kurang bertenaga ke pojok kiri bawah gawang Italia berhasil dimentahkan oleh Gianluigi Donnarumma, yang akan semakin menunjukkan bahwa Paris Saint-Germain untung besar sudah mendapatkan tanda tangan mantan kiper AC Milan itu secara bebas transfer.

Internasional