Timnas Belanda Tak Bisa Ke Lain Hati, Kembali Panggil Louis van Gaal untuk KETIGA KALINYA

Euro Competition.com – Timnas Belanda kembali menunjuk Louis van Gaal sebagai pelatih mereka, untuk ketiga kalinya.

Mantan pelatih Manchester United itu gantikan Frank de Boer yang mengecewakan dan gagal membawa timnya melaju di Euro 2020 bulan lalu.

De Boer, 51 tahun, harus melihat timnya disingkirkan Republik Ceko di 16 besar babak. Mantan pelatih Crystal Palace itupun langsung mengundurkan diri.

Van Gaal yang lahir di Amsterdam 69 tahun lalu, sebelumnya pernah mengasuh Timnas Belanda di tahun 2000 hingga 2002. Ia kemudian kembali ke posisi tersebut di tahun 2012 hingga 2014. Kali ini, Van Gaal teken kontrak hingga akhir perhelatan Piala Dunia 2022 di Qatar.

BACA JUGA:

Dia akan dibantu para stafnya yang termasuk Danny Blind – ayah Daley Blind yang juga pernah menjadi pelatih tim Oranje, sebagai asistennya, Henk Fraser yang juga akan menjadi asistennya dan Frans Hoek sebagai pelatih kiper.

Berbicara usai penunjukkan, Van Gaal mengakui sepak bola Belanda selalu dekat dengan sanubarinya. “Sepak bola Belanda selalu ada dekat di dalam hati saya, dan kepelatihan nasional menurut saya menjadi posisi kunci untuk kemajuan sepak bola kami,” tandas Van Gaal, seperti dilansir SUNLIGHT .

“Apalagi, saya merasa mendapat sebuah kehormatan besar bisa melatih Timnas Belanda. Ada sedikit waktu persiapan bagi kami untuk laga kualifikasi yang berikutnya, dan ini sangat penting kami untuk bisa berpartisipasi di Piala Dunia bagi,” tambahnya.

“Karena itu, kami akan segera fokus 100 persen kepada para pemain dan pendekatan yang harus kami lakukan. Bagaimanapun, saya ditunjuk untuk itu, dan saya senang bisa kembali,” ujar Van Gaal yang juga pernah mengasuh Barcelona di tahun 1997 hingga 2000 itu.

“Saya sudah berbicara dengan beberapa pemain dan staf teknis yang dipersatukan KNVB (Asosiasi Sepak Bola Belanda). Saya sangat berharap kami bisa melaksanakan tugas ini dengan baik bersama-sama,” tandas pelatih Timnas Belanda yang mantan pelatih Bayern Munchen di tahun 2009 – 2011 itu.

Baru Kembali Melatih Usai Dipecat MU Lima Tahun Lalu
Mantan pelatih Ajax (1991-1997) yang akan genap berusia 70 tahun pada 8 Agustus 2021, pernah membawa tim The Flying Dutchmen melaju ke semi-final Piala Dunia Brasil di tahun 2014.

Namun Van Gaal alami kekecewaan besar di periode pertama kepelatihannya di tim nasional, karena timnya yang menjadi favorit juara di Piala Dunia 2002 malah gagal berlaga di turnamen itu, setelah secara mengejutkan mereka dikalahkan Republik Irlandia.

Di tahun ini, Timnas Belanda akan bertemu Norwegia, September montenegro dan Turki di laga kualifikasi grup yang pertama pada bulan. Lalu, mereka akan bertanding melawan Latvia dan Gibraltar di bulan Oktober.

Kembalinya Van Gaal ke manajemen tim nasional tentunya menjadi sesuatu yang mengejutkan, setelah sebelumnya ia sempat dipecat Manchester United (2014 -2016) – hanya dua hari setelah Van Gaal berhasil membawa Setan Merah mengangkat trofi Piala FA.

Setelah pemecatan itu, Van Gaal belum pernah melatih lagi. Van Gaal yang memulai karirnya sebagai pelatih di klub AZ Alkmaar pada tahun 1986, sejauh ini sudah memenangkan 20 trofi utama bersama lima klub besar Eropa.

Ia pernah membawa Barcelona menyabet dua gelar juara La Liga, satu trofi Bundesliga di Bayern dan tiga gelar juara Eredivisie bersama Ajax.

Internasional